10 Cara manusia menghancurkan kesehatannya

Untuk tetap sehat, sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan, tapi kebanyakan manusia mengabaikannya, dan justru mereka malah menghancurkannya.

Ingin tahu bagaimana manusia menghancurkan kesehatannya?

Berikut penjelasan yang dilansir dari Live Science.

1. Makan junk food

Semakin lama, semakin besar angka kasus obesitas dan meninggal akibat penyakit jantung. Penyebab dari kedua hal tersebut adalah kebiasaan makan junk food yang sulit untuk dihentikan. Padahal sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau konsumsi junk food berlebihan bisa menghancurkan kesehatan.

 

2. Merokok

Sepertinya peringatan ‘Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin’ dalam kemasan rokok selalu diabaikan oleh kebanyakan orang. Buktinya, masih banyak yang sulit menghentikan kebiasaan merokok meski tahu risikonya buruk bagi kesehatan.

 

3. Menonton televisi

Kebiasaan ini memang menyenangkan dan menghibur. Setiap orang juga tidak perlu bergerak ke mana-mana. Tetapi justru di situ cara manusia menghancurkan kesehatannya. Menurut berbagai penelitian, menonton televisi terlalu lama bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit, termasuk serangan jantung dan diabetes tipe 2.

 

4. Stres

Saat stres, kelenjar dalam tubuh dipaksa untuk bekerja lebih keras dan akhirnya menghambat fungsi sistem imun. Sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, jangan terlalu berat memikirkan sesuatu yang sebenarnya sepele.

 

5. Minum alkohol

Sebenarnya, mengonsumsi wine memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun dibalik manfaatnya, ternyata masih banyak bahayanya. Jika alkohol dikonsumsi berlebihan, risiko kerusakan hati, diabetes, dan penyakit jantung justru akan meningkat. Kesehatan pelan-pelan hancur akibat kebiasaan minum alkohol.

 

6. Mengendarai mobil

Mengendarai mobil dengan benar, seperti memakai sabuk pengaman, mematuhi rambu-rambu, dan tidak ngebut, pada dasarnya tidak membahayakan kesehatan. Namun jika berkendara sambil makan, menelepon, mengirim SMS, atau ngebut, manusia sama saja meningkatkan risiko meninggal akibat kecelakaan.

 

7. Bercinta

Bercinta memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Sayang jika dilakukan berlebihan, terutama bergonta-ganti pasangan, ada banyak risiko penyakit menular seksual yang mengancam. Termasuk di antaranya HIV/AIDS yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

 

8. Malas

Selain tubuh, kesehatan otak juga perlu dijaga. Namun karena malas belajar atau sekadar membaca, manusia sama saja dengan menghancurkan kesehatannya. Padahal menjaga kesehatan otak sama sekali tidak sulit. Beberapa aktivitas untuk melatih kesehatan otak yang bisa dilakukan adalah bermain sudoku, teka-teki silang, sampai bermain video games.

 

9. Mengabaikan dokter

Ketika menunjukkan gejala penyakit tertentu, banyak orang percaya bahwa mereka bisa sembuh tanpa perlu pergi ke dokter atau minum obat. Padahal keputusan tersebut sebenarnya salah. Mengabaikan dokter hanya akan membuat kondisi kesehatan terancam memburuk tanpa tahu sebab yang sebenarnya.

 

10. Begadang

Kurang tidur atau tidak memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam sehari dikaitkan dengan berbagai macam risiko penyakit, termasuk obesitas, diabetes, dan kanker. Meskipun demikian, banyak orang tetap gemar begadang dan terjaga sepanjang malam hanya demi aktivitas yang tak berarti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s