Malam ini, Penentuan Nasib Timnas Indonesia ( Live SCTV 18.30)

Headline

Indonesia harus melakoni laga keempat babak kualifikasi Piala AFC 2015 Grup C melawan Cina di Stadion Shanxi, Jumat (15/11/2013). Laga ini akan disiarkan langsung oleh SCTV mulai pukul 18.30 WIB.

Sejauh ini, Indonesia sudah bertemu dengan Cina sebanyak empat kali. Tiga diantaranya menelan kekalahan, yakni saat kualifikasi Piala Dunia 2002, Garuda digulung Cina dengan skor 5-1 (13 Mei 2013) dan kalah 0-2 di kandang sendiri (27 Mei 2013). Kekalahan yang terakhir saat bertanding di Stadion Workers, Indonesia kalah dengan skor telak 5-0 (21 Juli 2013).

Satu hasil lainnya berakhir imbang, yakni pada tanggal 15 Oktober lalu. Cina berhasil menahan imbang Indonesia dengan skor 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Hasil imbang itu terjadi dalam babak kualifikasi Piala Asia.

Satu poin yang didapat di Grup C tersebut membuat peluang Indonesia untuk lolos ke Australia masih ada, meskipun kecil. Andai mau berlaga di Piala Asia, Boaz Salossa dan kawan-kawan harus menyapu bersih semua poin yang tersisa dari tiga pertandingan.

Pelatih Indonesia, Jacksen F. Tiago menyadari kalau peluangnya untuk lolos tidak mudah. Namun dia optimistis kalau timnya mampu mencuri poin di Xi’an.

“Kami sangat menyadari pertandingan nanti tidak akan berjalan dengan mudah. Tapi semua mempersiapkan semuanya dengan cukup baik. Sudah saatnya kami bertarung,” jelas Jacksen.

Juru taktik berusia 45 tahun itu menjelaskan kalau dirinya sudah mempelajari pola permainan Cina dari beberapa rekaman pertandingan. Jacksen mengaku sudah mendapat titik lemah Timnas Cina.

“Yang jelas, semua aspek telah kita persiapkan. Di awal pertandingan nanti, kami akan bermain seperti apa yang biasa kami tampilkan selama ini, karena itulah yang kami kembangkan dalam setiap latihan dan berharap kami bisa tingkatkan kecepatan serangan kami nanti,” ujar Jacksen.

“Motivasi kami adalah kembali ke Indonesia sebagai pemenang dan tetap menjaga peluang Indonesia lolos Piala Asia 2015,” pelatih kelahiran Rio de Janeiro menegaskan.

Sementara itu, di kubu tim tuan rumah, pelatih Cina, Fu Bo akan bermain all out demi mengamankan tiga poin. Dia menuturkan kalau kemenangan atas Indonesia akan mempermudah Cina untuk tampil di Australia.

“Ini laga penting yang harus kami menangkan untuk bisa lolos ke Australia. Persiapan kami sangat baik untuk menghadapi Indonesia,” jelas Fu Bo.

Berkaca dari hasil imbang di Jakarta, Fu Bo mengaku kalau dirinya sudah mengetahui peta kekuatan Tim Garuda. Hal itu membuatnya kian optimistis meraih kemenangan.

“Pertemuan pertama memberi banyak informasi tentang kekuatan lawan. Di Jakarta kami memang gagal menang, tapi di sini (Xi’an) kami sangat yakin bisa menang,” jelas dia.

Saat ini Cina berada di posisi kedua pada klasemen Grup C dengan raihan empat poin, diikuti oleh Irak (tiga poin) dan Indonesia (satu poin).[yob]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s