Mekanisme Pengajuan NISN Madrasah

nisn siswa
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah sistem pendataan siswa skala nasional dengan memberikan kode identitas yang bersifat unik, tunggal dan berlaku seumur hidup kepada seluruh siswa Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta dapat dimanfaatkan juga pada jenjang pendidikan tinggi.
Berdasarkan hasil koordinasi antara Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dengan Sub Bagian Data dan Informasi Kementerian Agama terkait pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah pengelolaan Kementerian Agama, Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia tertanggal 3 Oktober 2013 menyampaikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Pengajuan NISN bagi satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah pengelolaan Kementerian Agama dilakukan melalui Pendataan EMIS/Binmas lain Kementerian Agama.
  2. Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) tidak menerima pengajuan NISN satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah pengelolaan Kementerian Agama secara individu maupun kolektif sekolah.
  3. Informasi tentang NISN yang sudah diproses dapat dibaca melalui laman http://refsp.data.kemdikbud.go.id pada menu Data Peserta Didik, sub menu Data Pengajuan yang dapat dicari berdasarkan wilayah dan satuan pendidikan. Untuk informasi individu siswa, dapat dilakukan pencarian melalui laman http://refsp.data.kemdikbud.go.id berdasarkan NISN atau berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir siswa.
Adapun mekanisme pengajuan NISN adalah sesuai dengan gambar dibawah ini :
Sesuai isi dari surat tersebut bagi madrasah tentu sudah jelas bahwa pengajuan NISN untuk siswa Madrasah dapat dilakukan melalui pendataan Education Management Information System (EMIS) Pendis, namun untuk saat ini belum dapat dilakukan karena untuk semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 pengajuan data di EMIS masih bersifat Ofline, menurut informasi yang kami terima EMIS Online baru akan terlaksana pada semester genap, kita tunggu saja.
Iklan

One thought on “Mekanisme Pengajuan NISN Madrasah

  1. assalamu’alaikum…
    ma’af mhn infonya…
    kenapa dan bagimana NISN yg diajukan melalui emis kemenag ko nama dan NISN peserta didik di madrasah sy tidk ada..
    mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s