Kemenag Jabar Kesulitan Bayar Honor 20 Ribu Guru Madrasah

nbk2fahrbl

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Barat melalui Bidang Pendidikan Agama Islam mengaku kesulitan menutupi tunjangan profesi guru (TPG) honorer madrasah setiap tahunnya. Alhasil, banyak guru honorer yang belum mendapatkan haknya mulai dari empat hingga 10 bulan.

“Kita tidak menganggarkan tunjangan profesi di setiap tahun kelulusan. Jadi, anggaran 2015 itu menggunakan anggaran 2014. Karena yang 2015 itu akan masuk ke anggaran 2016,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Agama Islan, Abu Bakar Sidiq, saat menerima perwakilan guru honorer madrasah, di Kemenag Kanwil Jabar, Jalan Jenderal Sudirman, Bandung, Senin (21/12/2015).

Namun, upaya tersebut nampaknya belum bisa menutupi penerima dana TPG di Jawa Barat yang mencapai 33 ribu guru honorer madrasah. Pasalnya, Kemenag Jabar baru bisa mencairkan dana tersebut di tujuh kabupaten/kota dengan jumlah guru honorer madrasah sebanyak 12.213.

“Yang sekarang bisa dicairkan itu di Kota Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon dan Kabupaten Sukabumi. Sisanya kita mengusahakan tahun depan bisa terealisasi,” paparnya.

Menurutnya, proses pencairan dana untuk TPG memang terbilang sulit. Hal itu pun yang menjadi penyebab pemberian tunjangan terhambat pada 2014 dan 2015. Bahkan, untuk proaes pencairan dana tunggakan TPG 2014 harus melalui verifikasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat. “Verifikasi ini untuk memastikan pihak-pihak yang benar memiliki tunggakan TPG yang belum cair,” jelas dia.

Ia menjelaskan tunjangan sertifikasi yang diberlakukan pemerintah pada 2008 awalnya berjalan lancar. Namun, pada 2010 pola pencairan dana TPG berbeda, yaitu menggunakan anggaran tahun berikutnya.

Pola tersebut pada 2014 akhirnya terpaksa ditahan atas keputusan Kementerian Keuangan. Yaitu, tidak diperbolehkan menggunakan anggaran 2015 sebelum verifikasi BPKP Jawa Barat sudah dipastikan.

Sebelumnya, guru honorer madrasah berunjuk rasa di halaman Kemenag Kanwil Jawa Barat. Mereka menuntut dan mempertanyakan tunjangan TPG yang tak kunjung cair mulai dari empat hingga 10 bulan.
UWA

sumber : metrotvnews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s