Hati-Hati Penipuan atas nama Dapodik

email palsu

Berbagai jenis penipuan kini mulai marak, modus mereka pun bervariasi, dari mengirim sms, lewat telpon, bahkan lewat email. Target yang ditipu pun mulai dari orang awam sampai orang yang terpelajar.

Contoh surat diatas beredar lewat email,sasaran targetnya adalah guru-guru, isi email tersebut memang tidak mengarahkan guru untuk mentransfer uang atau apapun, tapi hanya meminta data guru dan nomor telepon guru. Tapi bisa dibayangkan jika data tersebut jatuh ke tangan penipu, mereka bisa melakukan penipuan dengan berbagai modus, misal mereka berpura-pura sebagai penelpon yang memberitahukan bahwa salah satu keluarga kita mengalami kecelakaan, dan untuk meyakinkan guru yang jadi korban, mereka akan menyebutkan data-data guru tersebut, misalnya menyebut nama kepala sekolah atau nama guru yang lain.

Jadi jika anda mendapat email atau pesan seperti itu, abaikan saja. karena jika pendataan resmi, tidak akan menggunakan data yang dikirim lewat email.

Semoga tidak ada lagi korban-korban penipuan. Untuk mengurangi korban penipuan, silahkan bagikan share artikel ini dikronologi Facebook atau twitter anda. Semoga langkah kecil ini bisa membantu sahabat-sahabat kita. Aamiin.

Bagi anda yang punya pengalaman pribadi soal penipuan, silahakan tinggalkan pesan komentar anda.

[useful_banner_manager banners=1 count=1]

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s