Mengatasi Masalah EMIS “Kesalahan: Data aktifitas belajar belum diisi”

kesalahan data aktifitas belajar EMIS

Selama hampir 6 jam mengisi data EMIS, data lembaga, siswa, PTK, dan lulusan sudah di isi,sudah sinkron, namun muncul masalah seperti gambar diatas “Kesalahan : Data aktifitas belajar belum terisi” Pesan ini sungguh mengerikan (lebih mengerikan daripada ketemu mantan yang sudah nyakitin kita dan dia punya gebetan baru), karena dalam aplikasi EMIS tidak ada menu data aktifitas belajar. (pesan ini seolah PHP, pemberi harapan palsu). 

Akhirnya saya memberanikan diri, dengan sisa-sisa kuota yang tersisa(fakir kuota) untuk mengaktifkan Mbah Google, tapi tidak menemukan solusi yang tepat, cermat dan akurat sehingga hal ini menimbulkan asam urat kumat.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Facebook, dengan harapan bisa menemukan jomblo yang kesepian..Ups Sori dengan harapan bisa menemukan solusi EMIS yang sudah memberikan pesan PHP. Secercah sinar muncul dari sebuah Grup HELP DESK EMIS, digrup tersebut muncul postingan galau dari seorang operator yang juga mendapat pesan PHP seperti yang saya alami. Bahkan beliau sudah obrak abrik selama 12 jam. Saya pun ,mencoba menelusuri, memelototi tanpa berkedip, setiap komentar-komentar dari masyarkat grup tersebut. Namun lagi-lagi usaha tersebut tidak mendapatkan solusi akhirnya.

Dengan wajah yang sudah lesu akhirnya saya coba login lagi ke web EMIS http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm dengan harapan dapat update terbaru dari aplikasi tersebut. Saya pun download ulang, dan setelah diekstrak ke folder baru. Solusi tidak juga terpecahkan.

Akhirnya saya pun mencoba membuat solusi sendiri. Dengan ilmu hasil dari bertapa di Bekasi (Planet paling dekat matahari) selama satu tahun, akhirnya saya mencoba membuka file Mydata.mdb yang ada difolder Database. Tapi usaha itu mentok, karena Mydata.mdb di password, saya pun mengeluarkan satu jurus membuka password tersebut, akhirnya si Mydata.mdb pun bertekuk lutut dan berhasil saya buka rahasia terbesarnya. Didapatlah Passwordnya yaitu  adminemisadminemis dengan terbukanya password, maka mau tidak mau semua “dalaman” dia bisa kita ketahui… (jangan fiktor ya).

Pasti puyeng kan kalau baca ceritanya mah, langsung sajalah ini tutorialnya :

TUTUP APLIKASI EMIS DULU YA

  1. Buka Folder tempat aplikasi emis, buka folder database
  2. Buka file mYdata.mdb, akan muncul pesan agar memasukan password, seperti gambar dibawah ini. isi dengan adminemisadminemis
     password mdb

3. Maka terbukalah pintu hatinya seperti ini. Klik yang Options

security

4. Lannjut.. klik Enable this content,lalu klik OK

enable

5. Double klik table mi_belajar (untuk MTS atau MA mungkin mirip, cuma beda depannya saja)mi_belajar

6. Blok dari baris nomor 2 ke bawah. (lihat gambar diatas) sisakan hanya nomor satu saja.

7. Tekan tombol delete di keyboard, lalu muncul pertanyaan klik Yes saja. Sehingga yang tersisa hanya seperti gambar di bawah ini.

sisa satu

8. Keluarlah dari microsoft acces. Lalu jalankan lagi aplikasi Emis Desktop, Login seperti biasa

9. Jika data-datanya sudah benar, jumlah rekap siswa dan guru sudah sama, maka lakukan Backup seperti biasa

10. Ini hasilnya

sudah benar

emis backup

11. Alhamdulillah.. Silahkan di Upload file backupnya ke alamat web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_ng_2015_v2.

Untuk Jadwalnya uploadnya silahkan klik JADWAL UPLOAD EMIS KABUPATEN/KOTA

12. Kali aza minat gan, aplikasi made In saya sendiri… mau download silahkan, ada masalah sama aplikasinya boleh tanya-tanya ke WA atau Line, SMS yang ada di aplikasi ya…

[the_ad id=”2236″]

DOWNLOAD APLIKASI TABUNGAN SEKOLAH

PENJELASAN APLIKASI TABUNGAN SEKOLAH

 

Catatan : Jika data belum siswa dan guru belum sinkron mungkin akan terjadi lagi seperti ini. maka ulangi lagi langkahnya dari nomor 1.

Demikian semoga bermanfaat..

Iklan

2 thoughts on “Mengatasi Masalah EMIS “Kesalahan: Data aktifitas belajar belum diisi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s